1. Beras Medium adalah beras yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, atau jika berdasarkan criteria kualitasya itu beras yang memiliki derajat sosoh minimal 99%, kadar air maksimal 14%, butir patah maksimal 20% dan butir menir maksimal 2 %.
  2. Beras Premium adalah beras yang kualitasnya bagus dan biasanya banyak dikonsumsi oleh masyarakat golongan ekonomi menengah keatas atau jika berdasarkan criteria kualitas, yaitu beras yang memiliki derajat sosoh minimal 95%, kadar air maksimal 14% butir patah maksimal 15% dan butir menir maksimal 2%. 
  3. Beras termurah adalah jenis beras yang kualitasnya paling rendah atau jika berdasarkan criteria kualitasnya yaitu beras yang memilik derajat sosoh minimal 95%, kadar air maksimal 25% dan butir menir maksimal 2%.
  4. Daging sapi murni yaitu daging konsumsi yang sudah dipisahakan dari bagian tulang/karkas.
  5. Panel harga pangan adalah kumpulan informasi harga pangan yang terkumpul secara berkala dan subjek tertentu melalui pencatatan berulang.
  6. Pedagang eceran yaitu pedagang yang menjual barang yang dijualnya langsung ketangan pemakai akhir atau konsumen dengan jumlah satuan atau eceran.
  7. Pedagang grosir/menengah/agen yaitu pedagang yang membeli atau mendapatkan barang daganganya dari distributor atuan agen tunggal yang biasanya akan diberi daerah kekuasaan penjualan/perdagangan tertentu yang lebih kecil dari daerah kekuasaan distributor.
  8. Produsen pangan/petani pelaku utama yang menghasilkan produk pangan.
  9. Dinas adalah Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karo.

 

 

UPDATE

PETUGAS PENGUMPUL DATA PANEL HARGA PANGAN POKOK