Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, yang dihormati oleh komunitas dunia sebagai salah satu hak asasi karena setiap insan di dunia mempunyai hak untuk bebas dari kelaparan. Kondisi ketersediaan pangan berkaitan dengan faktor harga dan pasokan itu sendiri.

Harga dan pasokan pangan merupakan indikator indikator strategis yang terkait, yang biasa digunakan untuk mengetahui status distribusi pangan. Terjadinya gejolak harga pangan menunjukkan gejala terganggunya distribusi pangan.

Harga pangan menjadi salah satu indikator kecukupan pangan masyarakat. Harga juga merupakan salah satu elemen penting dalam ekonomi pangan dan berkontribusi terhadap inflasi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem deteksi dini (early warning system) tentang kondisi pasokan dan harga pangan yang tepat (up to date) dan akurat agar dapat segera dilakukan antisipasi dan respon terhadap kemungkinan terjadi gejolak.

Salah satu pendekatan untuk memperoleh data dan informasi mengenai harga dan pasokan pangan yang akurat dari waktu ke waktu adalah dengan metode panel data, yang diperoleh secara periodik atau berkala (time series) dari sasaran yang sama.

Kegiatan Pembangunan sistem informasi Pasokan Harga dan Akses Pangan Kabupaten KaroTahun Anggaran 2018 fokus pada panel produsen dan panel pedagang.

 

UPDATE

PETUGAS PENGUMPUL DATA PANEL HARGA PANGAN POKOK